Sabtu, 04 Mei 2013

PEMBELAJARAN KERAJINAN TANGAN DAN KESENIAN



Pembelajaran Kerajinan tangan dan kesenian merupakan semua bentuk aktivitas fisik, sosial, psikologis dan cita rasa keindahan. Aktivitas dan cita rasa keindahan tertuang dalam kegiatan berekspresi, bereksplorasi, berkreasi, dan berapresiasi; melalui bahasa rupa, bunyi, gerak, dan karya, yang mencakup tentang gagasan seni, keterampilan berkarya, serta apresiasi dengan memperhatikan konteks sosial budaya masyarakat. Pada karya kerajinan dan teknologi selain hal-hal di atas juga memperhatikan tentang jenis, bentuk, fungsi dan aspek tema (subject matter).
Pembelajaran Kerajinan tangan dan kesenian memiliki fungsi dan tujuan menumbuhkembangkan berbagai potensi, sikap dan keterampilan.

Secara rinci fungsi dan tujuan dari Kerajinan tengan dan kesenian adalah :
  1. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa melalui penelaahan jenis, bentuk, sifat, fungsi, alat, bahan, proses dan teknik dalam membuat berbagai produk teknologi serta seni yang berguna bagi kehidupan manusia, termasuk pengetahuan seni dan keterampilan dalam konteks budaya yang multikultural.
  2. Mengembangkan kemampuan intelektual, imajinatif, ekspresi, kepekaan rasa estetik, kepekaan kreatif, keterampilan, dan mengapresiasi/menghargai terhadap hasil karya seni dan keterampilan dari berbagai wilayah Nusantara dan Mancanegara.
  3. Menumbuhkembangkan sikap profesional, kooperatif, toleransi, kepemimpinan (leadership), kekaryaan (employmentship) dan kewirausahaan (enterprenership).
Kerajinan Tangan dan Kesenian diberikan untuk menumbuhkan kepekaan rasa keindahan (estetika) dan artistik sehingga membentuk sikap kreatif, apresiatif dan kritis. Kerajinan tangan dan kesenian memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengalaman berapresiasi dan berkreasi serta menghasilkan suatu produk benda yang bermanfaat langsung sesuai perkembangan fisik  dan mentalnya. Perwujudan sikap kreatif, apresiatif dan kritis dapat diperoleh melalui pembelajaran yang memuat aktifitas menanggapi dan berkreasi seni.  Kerajinan tangan dan kesenian di  Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan gabungan mata pelajaran Keterampilan dan Kesenian.
Kerajinan tangan dan kesenian harus diberikan kepada siswa karena memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multicultural. Secara multilingual Kerajinan Tangan dan kesenian mengembangkan kemampuan ekspresi diri dalam bahasa rupa, bunyi dan gerak serta berkarya nyata menggunakan berbagai cara, teknik dan media. Secara multidimensional mengembangkan kompetensi pengamatan (persepsi), pengetahuan, pemahaman, analisis, penilaian, apresiasi dan produktivitas. Hal ini dapat menyeimbangkan fungsi otak sebelah kanan dan kiri, fungsi sosial, dan fungsi psikologis dengan cara memadukan secara harmonis unsur-unsur logika, kinestetika (gerak alami), etika, dan estetika. Secara multikultural mengandung makna bahwa Kerajinan Tangan dan kesenian mengembangkan kesadaran dan kemampuan berapresiasi terhadap keraguan budaya lokal, Nusantara maupun mancanegara sebagai wujud pembentukan  sikap menghargai toleransi, demokratis, beradab, dan hidup rukun dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Peranan Kerajinan tangan dan kesenian membentuk kepribadian siswa secara menyeluruh, harmonis mencakup logika, kinestetika, estetis dan artistik dalam pengembangan kreativitas, kepekaan rasa dan indera, serta beretika. Kerajinan tangan dan kesenian memenuhi kebutuhan perkembangan siswa dalam mencapai kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan adversitas (AQ), dan kreativitas (CQ), serta kecerdasan spiritual dan moral (SQ).
Kerajinan tangan dan kesenian terdiri atas seni rupa, musik, tari, kerajinan dan teknologi memiliki kekhasan berdasarkan kaidah keilmuan masing-masing dan disusun sesuai dengan kebutuhan siswa mencakup unsur-unsur, prinsip-prinsip, proses dan teknik berkarya, nilai budaya dan tidak mengesampingkan aspek fungsi, serta sesuai dengan konteks sosial budaya masyarakat, menumbuhkan sikap saling memahami, menghargai, dan saling menghormati.

2 komentar:

  1. thx gan.. artikelnya bagus banget.. sangat menginspirasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama jenk... mkc juga kunjungannya....

      Hapus